Total Pageviews

Saturday, November 12, 2011

berlanjut ke Bimas,Inmas,Insus

di tahun 1963 Proyek DewiSri Jaya diadakan oleh Pemda DKI waktu itu dibawah kepemimpinan Gubernut Ali Sadikin untuk mengadakan beras bagi penduduk Jakarta. Seratus ha sawah di Kabupaten Krawang dibawah Kepala Diperta Kabupaten Ir Suwandi. Sawah ditanami dengan padi varietas Sinta yang terbaik saat itu dengan memakai panca usaha bertanam padi: bibit unggul.pemupukan, tandur jajar, pemberantsan hama dan pengendalian rumput2an. Hasilnya cukup baik yaitu rata2 2.5 ton per ha.
dengan adaanya bibit baru yaitu IR 5 maka tahun berikutnya proyek itu dijadikan Proyek percontohan Deptan untuk mengetahui potensi yang nsebetulnya dari Ir5 dalam situasi mlapangan yang sebenarnya. hasilnya menunjukkan bahwa hasil meningkat menjadi 3 - 3.5 ton /ha.

atas dasar hasil yang memberi harapan kedepannya maka Depatemen Pertaanian memulai program intensifikasi pertanian dengan panca usaha bertnam padi seperti dikemukakan diatas, dengan catatan pemupukan memakai urea atau za. waktu itu belum biasa dan belum berpikir tentang memupuk dengan pemupukann yang lengkap yqaitu NPK seperti yang dilakukan belakangan didalam INMAs dan INSUS

No comments:

Post a Comment